BLOG INSPIRASI

Segelintir Harapan Indah

Tentang Blog Inspirasi


Blog ini berupaya memberikan kata-kata yang bermanfaat, yang dapat memberikan pencerahan kepada kita semua. Blog ini juga bermanfaat untuk membangun kepribadian penulis yang bukan cuman hanya wadah untuk menulis, tetapi untuk menempa diri penulis juga. Smoga apa yang blog bberikan dapat bermanfaat Buat kita.

Sedikit Tentang Saya


seorang manusia polos yang mencoba berbagi dengan dunianya, memberikan pengalamnnya untuk saling berbagi dengan Sesama. Harapannya apa yang dibagikan kepada sesama dapat memberi Manfaat untuk saling berbagi pastinya. semoga apa yang saya tuangkan dalam blog ini bermanfaat bagi kita semua.

SELAMAT DATANG DI BLOG KARTA JAYA WEB,,,Berbagai Tulisan Akan Anda Dapatkan Di Sini|| Dapatkan Tips Blog||Klik di Sini

Anda Ingin Buku Tamu Blog Anda Seperti ini?
Silahkan Klik Di Sini---> Tutorial Blogspot

Filum Coelenterata (Cnidaria)



Filum Coelenterata berasal dari bahasa Yunani, yaitu coelenteron yang artinya rongga. Sehihngga dapat didefenisikan Coelenterata merupakan hewan invertebrata yang memiliki rongga tubuh yang berfungsi digunakan alat pencernaan (gastrovaskuler). Coelenterata memiliki dua macam struktur tubuh yaitu Polyp dan Medusa. Struktur Polyp berbentuk selinder dengan bagian mulut (oral) yang mengandung tentakel menghadap ke atas dan ujung lainnya (aboral) melekat pada substrat. Sedangkan struktur medusa berbentuk seperti lonceng atau payung dengan bagian yang convex menghadap keatas. Dan mulut terletak ditengah-tengah bagian concave yang menghadap ke bawah. Coelenterata seluruhnya hidup di air, baik itu air laut ataupun air tawar. Sebagian besar hidup berkoloni atau soliter. Coelenterata yang berbentuk polip hidup soliter atau berkoloni di dasar air. Polip tidak dapat berpindah tempat. Sedangkan coelenterata yang berbentuk medusa dapat melayang bebas di dalam air.

Secara taksonomi, Coelenterata mempunyai empat kelas yaitu Hydrozoa, Scyphozoa, Cubozoa, dan Anthozoa. Kelas Hydrozoa hidup sebagai Polyp soliter atau hidup berkoloni dengan ukuran kecil yang tidak menyolok. Sedangkan Hydrozoa yang daur hidupnya polyp, medusa, atau keduanya umumnya memiliki velum. Kelas Scyphozoa dalam daur hidupnya berbentuk polyp kecil, dan medusa berdiameter 2-40 cm atau lebih. Kelas Cubozoa hidup dengan Medusa yang berbentuk persegi dengan 4 sisi datar dan memiliki velum. Sedangkan kelas Anthozoa selalu hidup dalam bentuk polyp, soliter, atau koloni.

Reproduksi pada Coelenterata terjadi secara aseksual dan seksual. Reproduksi secara aseksual dilakukan dengan membentuk tunas berupa polyp yang hidup berkoloni di dasar air. Sedangkan reproduksi seksual pada coelenterata dilakukan dengan pembentukan gamet. Kemudian gamet dihasilkan oleh selurh Coelenterata berbentuk medusa dan beberapa berbentuk polyp.

Coelentera hidup secara heterotrof dengan memangsa plankton dan hewan kecil lainnya yang berada di air. Coelenterata melumpuhkan mangsanya dengan menggunakan tentakelnya yang memiliki sel knidosit. Setelah mangsanya lumpuh, tentakel menggulung dan membawa mangsa ke mulut.


Gambar Coelenterata Polyp dan Coelenterata Medusa

0 komentar:

Poskan Komentar